Serius, Seru, dan Fun Berkomunitas

April 9, 2013 at 10:53 am (Kegiatanku, Personal Life)

Apa yang  ada dipikirinmu  kalau mendengar kata komunitas? hmmm….tetooooot!! lamaaaa!!. Saya tau kok pasti dipikiran kamu…kamuuu…dan  kamyuuuu *gaya centil*  adalah sekumpulan orang atau kumpulan orang yang mempunyai hobi atau kegemaran yang sama, intinya sih ketertarikan yang sama. Iyakan…iyakan..iyakan?

bloggerbicarakomunitas

#BloggerBicara Komunitas

Saya hari minggu kemarin (07/04/2013) datang ke event rutin BLOGdetik yaitu #BloggerBicara yang bertema komunitas bertempat di Demang Restaurant & Coffee Lounge  dibelakang sarinah. Acara dibuka oleh duo MC yang katanya keren dan lucu…katanya loh ya katanya. *lirik kanan kiri*

#BloggerBicara tema komunitas kali ini narasumbernya adalah semua peserta yang hadir di acara ini. Para peserta bisa menuangkan semua pendapatnya tentang komunitas. Dimulai dengan membahas sebenarnya apa sih komunitas itu? Namun sebelumnya para peserta diputarin dulu video Teaser #BloggerBicara komunitas berikut ini :

Setelah pemutaran video selanjutnya satu per satu peserta memberikan pendapatnya. Para peserta pun sangat antusias dan serius memperhatikan dan menjawab serta memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar komunitas. Mulai dari arti komunitas itu sendiri sampai ke pembahasan bagaimana menangani konflik dalam komunitas. Dari perbincangan di #BloggerBicara Komunitas ini terdapat beberapa hal penting berikut ini :

Arti komunitas
Komunitas itu sendiri berarti kumpulan orang-orang yang mempunyai suatu kesamaan baik itu hobi/kegemaran, minat, bakat dan lainnnya yang menciptakan tujuan yang sama.

Penting atau tidak pentingnya berkomunitas
Ada yang bilang tidak penting, yang penting itu eksis dulu baru berkomunitas. Namun, kebanyakan peserta berpendapat kalau berkomunitas itu penting untuk memperluas jaringan dan mempunyai banyak teman untuk sharing dan lain-lain.

Permasalahan/Konflik dalam Komunitas
Dalam berkomunitas konflik itu biasa terjadi karena susahnya menyatukan banyak pendapat menjadi satu karena egoisme serta gengsi masing-masing anggota. Tidak sedikit yang berkomunitas memilih untuk keluar dari komunitas tersebut. Penyelesesain konflik dapat diselesaikan dengan cara diam dan saling mengingatkan serta masing-masing dapat meredamnya sendiri. Di sisi lain juga diperlukan satu orang yang bijak untuk menjadi penengah dari konflik di komunitas tersebut.

Setelah diajak diskusi yang serius tapi santai tiba saatnya peserta diajak untuk seru-seruan dan fun. Para peserta diminta untuk membagi berkelompok. Satu kelompok menjadi satu komunitas  yang berjumlah 10 orang. Dan masing-masing komunitas diminta memberi nama komunitasnya dan membuat yel-yel. Seruuuuuu!! sangking kreatif dan serunya ada satu komunitas yang membuat yel-yel mereka sambil gebrak-gebrak meja. hihihihi lucuuu.

Yel-Yel Komunitas

Yel-Yel Komunitas

Fun games-nya yaitu menyanyikan lagu “Sedang apa” dengan kata berantai antara satu komunitas dengan komunitas yang lainnya namun katanya harus nyambung. Kalau katanya nggak nyambung maka komunitas itu gugur. Tujuan fun games ini untuk menciptakan kekompakan antar anggota dalam satu komunitas. Serta menciptakan suasana damai berkomunitas. *tsaaaah*

Fun Games "Lagu Sedang apa"

Fun Games “Lagu Sedang apa”

3 besar komunitas yang masuk ke babak final diberikan fun games lagi untuk menentukan komunitas mana yang akan mendapatkan voucher belanja dari @MbaTitis. Ternyata Mba Titis itu menggoda *nyeces* nah loh! :D.

Di babak final satu komunitas diberikan fun games yang berbeda-beda yang pertama diberikan games  saling mengingat secara berantai yang mana setiap angggota komunitas harus mengingat apa yang disampaikan anggotanya. Yang kedua diberikan games “Pesan berantai” dimana panitia memberikan 1 kalimat yang ternyata panjaaaaaaang banget *ini sih panitia ngerjain peserta* hahaha. Dan masing-masing anggota harus membisikkan sampai anggota yang terakhir. Yang ketiga diberikan games “Joget diatas koran” dan  yang mendapat games ini adalah komunitasku. oooooh ancuuuur!! geloooo!! sumpah. Harus joget diatas koran dan setiap lagu berhenti harus melipat koran menjadi 2 sampai lipatan yang terkecil.

Fun Games babak Final "Joget diatas Koran"

Fun Games babak Final “Joget diatas Koran”

Semua fun games yang diberikan pada babak final bertujuan membangun kekompakan dan kerjasama antar anggota komunitas. Seru dan fun deh games-nya. hihihihi.

Acara #BloggerBicara kali ini bener-bener menampilkan keseriuasan dalam berdiskusi dan mengeluarkan pendapat, seru-seruan bareng beragam games yang diberikan panitia dan setiap peserta merasa fun/senang mengikuti rangkain demi rangkaian #BloggerBicara kali ini.

Sumber foto dari Facebook Blogdetik

Advertisements

2 Comments

  1. Catcilku said,

    Salam mbak 🙂 sayang saya tidak ikut foto barengnya, karena ngejar sholat Ashar

  2. Anggara said,

    Joget di atas korannya lucu tuh hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: